Monday, February 24, 2014

Cara Membuat Blog Blogspot Gratis


Setelah kemarin saya telah menjelaskan dengan apa yang dimaksud dengan Blog dan Fungsinya, kali ini saya akan share lagi sebuah postingan lanjutan dari postingan sebelumnya. Postingan kali ini akan menjelaskan kepada Anda tentang bagaimana Cara Membuat Blog Blogspot. Untuk lebih jelasnya mengenai cara membuat Blog silahkan simak artikel ini.

Mungkin, masih banyak di antara kalian yang membaca artikel ini yang belum tahu cara membuat Blog tersebut. Namun sebelum itu, saya akan menyebutkan terlebih dahulu beberapa situs penyedia layanan untuk Membuat Blog secara gratis. Di antaranya, Blogger/Blogspot, WordPress, MyWapBlog, Joomla, dan masih banyak lagi. Karena saya rasa penjelasannya sudah cukup, berikut ini adalah merupakan Tutorial membuat Blog.

Langkah-Langkah Membuat Blog Blogspot (Blogger.com)

Saat ini, saya kana menjelaskan tentang bagaimana caranya membuat sebuah Blog pada Blogger/Blogspot. Kenapa saya memilih untuk menjelaskan cara mendaftar pada Blogger ? Karena dibandingkan situs-situs lainnya, mendaftar di situs ini jauh lebih mudah. Selain itu, Blogger juga merupakan salah satu situs resmi Google. Jadi, otomatis Blog anda akan terlihat di Google tanpa melakukan banyak prosedur lagi. Blogger juga memiliki tampilan sederhana yang tentunya akan memudahkan kita untuk mengatur Blog kita sendiri. Oke,, kalau begitu langsung saja kita jelaskan langkah-langkah Membuat Blog di Blogspot:

1.    Anda harus mempunyai akun Gmail terlebih dahulu. Jadi, jika anda ingin membuat Blog, anda harus segera membuat akun Gmail di Gmail.com. Nah,, Untuk cara membuat Akun Gmail-nya silahkan cari sendiri di Google Yahh !!

2.    Anggaplah anda saat ini Anda sudah punya akun Gmail sendiri, selanjutnya langsung saja kunjugi http://Blogger.com

3.    Nah, jika Blogger telah terbuka, lihatlah di bagian kanna bawah monitor kalian, dan ubahlah bahasanya menjadi Bhs. Indonesia. Hal ini untuk memudahkan anda mengutak-atik Blog anda sendiri

cara bikin blog

4.    Setelah itu, Log-in ke akun Blogger anda menggunakan nama pengguna dan password Gmail anda tadi. Karena Blogger adalah situs yang telah diakuisisi oleh Google, maka akun Gmail anda bisa digunakan untuk masuk juga di Blogger.

membuat blog


5.    Kemudian, isilah formulir data yang diberikan, biasanya informasi yang dibutuhkan itu seperti:

a.   Nama Tampilan: Isi sesuai dengan nama yang ingin ditampilkan pada Profile Blog anda.
b.   Jenis Kelamin: Cukup pilih jenis kelamin anda
c.    Penerimaan Persyaratan: Langsung ceklis saja kotaknya. Dan, dengan men-ceklis kotak ini anda akan menuruti semua peraturan yang ditetapkan oleh google

6.    Klik tanda panah yang bertuliskan “Lanjutkan” dan kemudian klik “Blog Baru”

cara bikin blog gratis

7.    Selanjutnya, anda harus mengisi formulir pembuatan Blog baru pada tempat yang telah disediakan dan biasanya berisi mengenai:

a.   Judul Blog: Isi sesuai dengan Judul blog yang anda inginkan.
b.   Alamat: Isi sesuai dengan Alamat URL yang anda inginkan
c.    Template Blog: Pilih salah satu yang menurutmu cukup menarik

8.    Jika anda saat ini telah selesai dengan beberapa langkah ini, kliklah “Buat Blog” dan Selamat !! Anda saat ini telah memiliki blog sendiri

cara buat blog

Karena perkembangan zaman, Blogger yang awalnya hanya dibuat untuk dijadikan sebagai media Sharing atau Diary Online, maka saat ini Blog sudah menjadi sarana Bisnis, Spiritual, Kompetisi dan lain-lain.

Namun, Blog anda akan dianggap oleh Google sebagai spam jika anda seandainya tidak membuat 1 pun postingan. Untuk itu saya akan mengajarkan cara membuat Postingan pada langkah 9 – 12. Berikut lanjutan tutorialnya:

9.    Arahkan kursor anda pada “Mulai Mengeposkan” dan klik tulisan tersebut

tutorial blog

10. Isilah judul artikel anda, serta isi artikel anda yang ingin diposting pada menu tersebut. Berikut ini contohnya:

buat blog gratis




11. Setelah anda telah menulis artikel anda beserta judulnya langsung klik pada tulisan “Publikasikan” dan postingan anda akhirnya diterbitkan.

12. Selamat !! Saat ini, Blog anda telah jadi seutuhnya

Itulah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk Membuat Blog Gratis Blogspot. Jika, Blog anda telah jadi seutuhnya, tetaplah saksikan Blog ini untuk membuat Blog anda menjadi sangat terkenal di Internet. Sekian dulu yah postingan hari ini !! Sampai jumpa pada artikel berikutnya !!

Bye,,

No comments:

Post a Comment