Tuesday, February 25, 2014

Cara Menulis Artikel yang Baik untuk Postingan Blog



Yah,, sesuai dengan judul postingan di atas, hari ini kita akan mempelajari tentang bagaimana cara Menulis Artikel yang Baik untuk postingan Blog. Kenapa saya memilih topic ini sebagai bahan postingan hari ini ? Karena sebelumnya kita telah membahas tentang Cara Membuat Blog, jadi untuk membuat blog menarik, kita harus menulis artikel dan mem-postingnya pada Blog. Langsung saja, saya akan menjelaskan bagaimana cara menulis artikel yang baik.

Saat kalian ingin Menulis Artikel yang Baik, usahakan untuk menggunakan beberapa tips dan trik. Tips dan triknya adalah dengan memilih keyword yang tepat, membuat judul artikel yang unik, membuat opening artikel yang menarik, membuat isi artikel yang indah dan mudah dibaca, dan juga membuat ending artikel yang berkualitas. Oleh kalau begitu, mari kita bahas satu per satu tips dan trik tersebut.


A. Memilih Keyword Yang Tepat


Nah,, untuk langkah awal Menulis Artikel Yang Baik untuk postingan blog, kalian harus menentukan keyword artikel yang ingin anda tulis. Dalam memilih keyword, kalian harus memilih keyword yang banyak dicari oleh orang, khususnya Masyarakat Indonesia. Saran saya, pilihlah keyword dengan melihat pada Google Trend.

Setelah anda berhasil memilih keyword, saya ingin memberikan beberapa tips dalam penggunaan keyword di dalam sebuah artikel untuk  posting blog:
  • Taruhlah Keyword di Judul Artikel
  • Taruhlah Keyword di URL Blog kalian
  • Gunakanlah Keyword di setiap bagian artikel, mulai dari opening, isi, dan juga ending artikel tersebut
  •   Usahakan untuk memunculkan Keyword anda 5-10 kali dalam sebuah artikel
  • Jangan lupa untuk menebalkan Keyword anda


B. Membuat Judul Artikel yang Unik


Betul sekali, kita harus membuat judul yang unik. Kenapa ? karena jika kita membuat judul yang tidak unik dan menarik, itu malah akan menjatuhkan artikel kita, dan akibatnya banyak orang tidak mau mengunjungi artikel kita. Jadi, jelas saja untuk Membuat Artikel yang Baik judul kita harus merupakan judul yang belum pernah dipakai orang. Nah,, untuk menciptakan judul yang unik, kalian bisa melakukannya dengan cara-cara berikut:
·         Buatlah sebuah judul yang bagus. Tidak usah yang terlalu unik, cukup bikin judul yang bagus saja meskipun itu tidak unik
  • Kemudian, cobalah untuk mengetikkan judul kalian dalam Google dengan menggunakan ("). Jadi, hasilnya akan menjadi "Cara Menulis Artikel Yang Baik Untuk Postingan Blog"
  • Kemudian, jika judul tersebut banyak digunakan oleh orang-orang, rubahlah sedikit kata-katanya
  • Lalu, cek lagi judul yang telah diubah itu pada Google dengan tanda (")
  • Lakukan berulang-ulang hingga kamu medapatkan judul yang hanya dipakai oleh beberapa orang saja



C. Membuat Opening Artikel yang Menarik


Buatlah opening yang menarik. Namun, seperti apakah opening yang menarik itu ? Opening yang menarik itu, bisa saja merupakan gabungan antara sapaan dengan alasan mengapa memilih untuk menuliskan topik tersebut, ataukah beberapa macam pertanyaan yang akan dijawab pada bagian isi dari artikel tersebut.

Namun, jangan lupa untuk membuat kata-kata yang penasaran sehingga membuat pembacanya ingin berlama-lama di blog anda. Dan, jika anda nantinya sudah mempunyai banyak pembaca tetap, berarti strategi anda dalam Menulis Artikel yang Baik sudah berjalan dengan mulus.


D. Membuat Isi Artikel yang Indah dan Mudah Dibaca


Isi artikel yang ingin kita buat haruslah indah untuk dipandang dan mudah untuk kita baca. Seperti apakah cara Membuat Artikel menjadi indah dan mudah dibaca ? Jawabannya cukup sederhana. Ada banyak cara untuk memperindahnya, tapi saya biasanya menggunakan cara seperti berikut :

  • Saya biasanya memberikan warna-warna cerah pada kalimat-kalimat tertentu dalam artikel saya, agar orang tidak bosan membaca artikel tersebut.
  • Saya biasanya menggunakan huruf yang mudah dibaca seperti Trebuchet Ms atau Times New Roman
  • Saya biasanya menambahkan beberapa foto di bagian tengah artikel untuk membuat pembaca tidak bosan. Motto-nya ialah “Satu gambar itu lebih baik daripada artikel yang memiliki 1000 kata”



E. Membuat Ending Artikel Yang Berkualitas


Ending yang berkualitas, biasanya dituliskan dengan berbagai cara. Namun cara terbaik untuk Membuat Artikel yang Baik yang memiliki ending yang berkualitas adalah dengan menyimpulkan artikel yang sudah anda tulis. Jangan lupa juga untuk memberikan sapaan selamat tinggal kepada pembaca anda. Dan, yang paling penting adalah anda harus menambahkan kata-kata Terima Kasih pada setiap ending artikel anda.

Jadi, itulah beberapa tips dari saya jika anda ingin Membuat Artikel yang Baik, namun di antara ke-5 tips di atas, kalian juga harus tetap mementingkan Kualitas. Yaitu, dengan menuliskan sendiri artikel anda tanpa menyontek pada artikel orang lain. Sampai Jumpa dan Terima Kasih !!

No comments:

Post a Comment